ABOUT US

Journal

April 5th, 2024

Transformasi Industri Melalui Mesin Penimbangan Kombinasi Otomatis Ishida: Analisis Fungsi dan Efek Otomasi dalam Industri


Mesin Multihead weigher Ishida menggunakan sistem penimbangan computer combination weighing (CCW), yang pertama kali kami temukan pada tahun 1972 dengan produk pertama yang ditangani adalah paprika hijau. Hingga saat ini, Ishida telah menjual lebih dari 50.000 mesin di seluruh dunia dengan lebih dari 10.000 aplikasi berbeda. Oleh karena itu, kami telah mengembangkan berbagai jenis mesin sesuai dengan kebutuhan khusus setiap pelanggan.

Sistem penimbangan kombinasi ini berdasarkan pada prosedur berikut:

  • Produk didistribusikan menjadi kelompok-kelompok dengan kuantitas yang terpisah, yang kemudian ditimbang secara individual di dalam hoppers masing-masing.
  • Sebuah komputer menghitung kombinasi dari bobot di setiap hopper, dan memilih kombinasi yang paling dekat dengan, tetapi tidak lebih rendah dari, berat target yang ditetapkan.
  • Produk dari hopper yang dipilih dilepaskan dan dikumpulkan untuk proses pengemasan.

Konsep dasar dari mesin penimbang kombinasi otomatis

Dengan pembagian berat target menjadi bagian-bagian kecil, meningkatkan kemungkinan kombinasi, dan dengan demikian memberikan hasil penimbangan akhir yang lebih akurat. Proses ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam penanganan produk dan memastikan ketepatan berat yang diinginkan dalam proses penimbangan. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan presisi tetapi juga memungkinkan pengoptimalan proses produksi secara menyeluruh, yang sebelumnya dilakukan manual oleh operator, sekarang digantikan dengan bantuan perhitungan mesin yang lebih presisi.
Mesin ini akan bekerja dengan mendistribusikan produk ke dalam kelompok-kelompok kecil, menimbangnya secara terpisah, dan kemudian mengkalkulasi kombinasi bobot yang mendekati atau setidaknya sama dengan berat target yang telah ditetapkan. Setelahnya, produk dari kelompok terpilih dilepaskan dari hoppers dan dikumpulkan untuk proses selanjutnya, memastikan hasil penimbangan yang konsisten dan akurat.

Cara kerja mesin penimbangan kombinasi

Dari posisi paling atas, Mesin penimbangan kombinasi Ishida terdiri dari komponen-komponen berikut:
⦁ Dispersion Table
⦁ Radial Feeder
⦁ Pool Hoppers
⦁ Weigh Hoppers

Dalam proses penimbangan, dispersion table mentransfer produk yang disediakan ke dalam alur radial feeder. Kemudian radial feeder mengirimkan produk ke dalam pool hoppers sambil membatasi jumlahnya berdasarkan intensitas produk dalam waktu tertentu. Pool hoppers akan sementara waktu mengumpulkan produk, dan segera mentransfer produk ke dalam weighing hoppers ketika kosong. Weighing hoppers akan menimbang berat produk, dan memilih kombinasi yang kemudian melepaskan kombinasi terbaik yang paling mendekati target berat standart.

Variasi untuk memenuhi semua kebutuhan anda

Tipe Multi Fungsi

Variasi Versatile ini di tujukan untuk produk yang kecil dan mudah untuk bergerak dengan getaran seperti :

Frozen Food
Pasta
Chips

Tipe Semi Manual

Variasi Semi-manual ini di tujukan untuk produk yang sangat lengket dan butuh bantuan operator untuk bergerak kedalam hoopers seperti :

Seafood
Acar
Daging Ayam

Tipe Timbangan Campuran

Variasi dengan separator ini di tujukan untuk produk yang memiliki dua atau lebih gabungan produk lain seperti :

Mixed Ready Meal
Mixed Biscuits
Cereal
Tipe Penimbangan Produk Besar

Variasi dengan hoppers yang besar ini di tujukan untuk produk yang memiliki ukuran besar seperti:

Buah-buahan
Sayur-sayuran

Tipe Penimbangan Produk Kecil

Variasi dengan hoppers yang kecil ini di tujukan untuk produk yang memiliki ukuran kecil seperti:

Biji-bijian dan Daun Teh

April 5th, 2024

Pengemasan otomatis untuk optimalisasi produksi


Dalam industri makanan, peran pengemasan menjadi faktor penting karena tidak hanya memastikan keoptimalan produk hingga di tangan pelanggan, juga menjamin produk yang terkemas sesuai dengan standar dari pabrik itu sendiri

Mesin pengemasan berkualitas diperlukan untuk mencegah problem seperti, kebocoran, ketidaksesuaian ukuran, gagal kemas, dan lainnya. Pengemasan otomatis juga menjadi peran penting dalam menjaga konsistensi dari kemasan produk.

Di Ishida, dengan pengalaman kami dalam pembuatan kemasan di sektor makanan terus mengembangkan teknologi pengemasan yang inovatif dan canggih. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan produk, kualitas kemasan terbaik, dan efisiensi maksimal dalam seluruh rantai pasokan makanan. Dengan fokus pada integritas produk dan kepuasan pelanggan, Ishida memberikan solusi kemasan terbaik untuk industri makanan. Dalam semangat inovasi kami, Ishida melahirkan mesin pembuat kemasan “INSPIRA”, merancang solusi unggul untuk berbagai format kemasan makanan dengan berbagai bahan film.

Beragam pilihan tipe pengemasan

Sebagian besar produsen makanan memproduksi berbagai jenis camilan. Memilih mesin pengemasan yang dapat menangani berbagai bentuk, ukuran, dan densitas adalah pilihan terbaik. Mesin pembuat kemasan INSPIRA menyediakan fleksibilitas ini dan dirancang untuk membentuk pillow pack, dengan punch hole, pouch, samping gusset, dan kemasan renceng.

Fitur untuk memenuhi semua kebutuhan pengemasan anda

INSPIRA memiliki berbagai macam tipe pengemasan sesuai dengan kecepatan dan berat yang ditimbang. INSPIRA dapat mencapai kecepatan 250 kantong/menit dengan kualitas kemasan yang sangat baik. Ini adalah kecepatan tertinggi dari semua VFFS dengan system “Rotary”.
Selain itu ISHIDA dapat mengakomodasi kebutuhan lainnya dengan Intermittent Type dan Box Type Dengan ketiga jenis tipe ini, pengemasan produk Anda dapat mencapai kecepatan terbaik dan secara otomatis.

Archive