ABOUT US

September 13th, 2024 Industri

Pengemas Makanan Laut Berinvestasi dalam Pemeriksaan Sinar-X untuk Kerang


Sebuah perusahaan pengemasan makanan laut di Prancis telah memasang sistem pemeriksaan X-ray Ishida untuk memantau kerang beku sebelum diproses menjadi produk. Selain berkontribusi pada kontrol kualitas, sistem baru ini dianggap sebagai alat pemasaran penting, yang memberikan konsumen kepastian yang mereka harapkan.

Setiap tahun, Packopale, sebuah perusahaan yang berpusat di Boulogne-sur-Mer, mengemas hingga 8.000-ton makanan laut beku, termasuk udang, koktail makanan laut, dan berbagai jenis salmon. Kerang beku menyumbang sekitar sepertiga dari total produksi. Saat ditawarkan kepada konsumen, “pemakan plankton” yang terkenal ini harus dalam kondisi sempurna. Mereka ditangkap, dikupas, dikeluarkan isi perutnya, dan dicuci di Kanada atau Argentina, kemudian dibekukan untuk pengiriman lintas Atlantik. Saat mereka tiba di Packopale (melalui terowongan berpendingin yang terhubung ke Norfrigo, perusahaan mitra yang berlokasi di sebelah pabrik), mereka harus bebas dari pecahan cangkang atau pasir dari dasar laut.

Tingkat Keamanan Tambahan

Dengan menggabungkan sistem inspeksi sinar-X Ishida berperforma tinggi, IX-GA-4075, ke dalam prosesnya, Packopale telah memperkenalkan tingkat keamanan baru bagi pelanggannya, yang sudah mendapatkan manfaat dari pemantauan bakteriologis yang dilakukan sebelum dan sesudah pengemasan. Selain pasir dan pecahan kerang, sistem IX-GA-4075 dapat mendeteksi keberadaan kontaminan yang lebih tidak biasa, bahkan pada tingkat minimal, seperti baja, aluminium, timah, kaca, kerikil, karet keras, plastik, dan residu tulang.

Empat Saluran Produk

Grégory Condette, the General Manager Packopale, menganggap keselamatan yang disediakan oleh sistem inspeksi sinar X Ishida sebagai keunggulan kompetitif.

Conveyor belt yang melewati ruang inspeksi IX-GA-4075 dibagi menjadi empat lajur, masing-masing selebar 100 mm. Conveyor belt berukuran 400 mm, yang diposisikan sedikit lebih tinggi, memindahkan produk ke sistem inspeksi. Saat produk jatuh dari ujung conveyor belt ini, produk dibagi oleh serangkaian corong menjadi empat aliran.

Konfigurasi ini memastikan bahwa keberadaan benda asing dapat segera dilacak ke salah satu dari empat saluran, yang memungkinkan untuk produk NG dialihkan sambil memungkinkan tiga saluran lainnya untuk melanjutkan operasinya. Cara ini meminimalkan volume kerang yang dibuang dan mencegah penghentian produksi sepenuhnya.

Sistem IX-GA-4075 dilengkapi teknologi algoritma genetika unik dari Ishida, yang memungkinkan operator untuk “melatih” sistem inspeksi sinar-X agar lebih peka terhadap kontaminan tertentu yang diketahui tanpa memerlukan bantuan spesialis. Sistem ini juga mencakup fungsi masking produk dan estimasi berat.

Kebijakan Peningkatan Berkelanjutan

Setelah pengemasan, kerang dipindahkan kembali ke Norfrigo, salah satu pusat cold storage terbesar untuk makanan laut di Eropa, dengan kapasitas penyimpanan 25.000 palet, yang terbesar di Prancis. Packopale mengelola semua aspek pengemasan makanan laut, termasuk pemotongan, penimbangan, pengemasan, dan pelabelan. Perusahaan ini selalu mencari sistem baru untuk meningkatkan layanan yang ditawarkan kepada kliennya, yang meliputi jaringan supermarket besar dan distributor grosir di Prancis. Perusahaan ini mempekerjakan 40 orang dan memiliki omzet tahunan sebesar 3 juta euro.

Dalam beberapa tahun terakhir, Packopale telah melakukan investasi signifikan dalam fasilitas dan mesin. Misalnya, perusahaan baru-baru ini membeli timbangan multihead Ishida 20-head untuk menyiapkan kemasan koktail makanan laut, salah satu produknya yang paling dikenal luas. Mesin tersebut menerima produk dari empat jalur pakan terpisah (udang, kerang, dan cumi-cumi) untuk mendistribusikannya ke dalam kemasan seimbang 500 g dan 1 kg dengan kecepatan 40 kemasan per menit.

General Manager Grégory Condette mengakui bahwa keputusan untuk membeli sistem Ishida IX-GA-4075 dipengaruhi oleh pengalaman positif sebelumnya dengan mesin Ishida. Ia menambahkan, “Tujuan saya dengan sistem pemeriksaan X-ray Ishida ini adalah untuk meyakinkan pelanggan saya saat ini dan meningkatkan pangsa pasar kami dengan menawarkan tingkat keamanan tambahan.”